Friday 5 July 2013

Add-on Dan Cara Menginstallnya

Add-on Dan Cara Menginstallnya
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat TKJ yang menggunakan browser Mozilla Firefox, pasti sering mendengar istilah Add-On. Mungkin sebagian dari sahabat pintar sudah tau apa itu Add-On, namun bagi yang belum tau kita akan membahasnya secara detail di artikel ini. Mulai dari apa add ons, macam-macam addons sampai cara menginstallnya.

Resource Yang Diperlukan

Karena artikel ini berisi tentang Add-on untuk Firefox, tentu kita harus menginstall Firefox terlebih dulu.
Download Firefox

Apa itu Add-Ons?

Add-On adalah bagian kecil dari software yang menambah fitur ataupun fungsi baru pada Mozilla Firefox yang telah terinstall.
Add-On dapat menambah fitur baru, penambahan bahasa, serta mengubah tampilan visual dari Firefox. Dengan Add-on inilah kita bisa mengkostumisasi Firefox agar sesuai dengan keperluan dan selera kita

Macam-Macam Add-On Berserta Fungsinya

Add-on itu terdiri dari beberapa macam. Masing-masing berfungsi untuk kostumisasi Mozilla Firefox, namun dengan cara penerapan yang berbeda-beda.  Berikut ini beberapa macam Add-On beserta fungsinya:

Extensions : menambahkan fitur baru atau memodifikasi fungsi yang sudah ada pada Firefox. Fitur dari extension seperti memblok iklan pop-up yang mengganggu, mendownload video dari Youtube, mengintegrasikan fitur software lain kedalam Firefox, dsb. Untuk contoh extention, seperti iOpus iMacros dan Grease Monkey.

apa itu add-ons
Klik Untuk Memperbesar


Complete Themes : mengubah tampilan Firefox secara keseluruhan. Termasuk icon, warna, jendela dialog, serta tampilan visual lainnya.

Add-on
Klik Untuk Memperbesar


Theme : berbeda dengan Complete Themes, Add-On ini berfungsi untuk mengubahkan tampilan toolbar saja, dan menambahkan background pada Toolbar.

Klik Untuk Memperbesar
Search Providers : Add-On ini berfungsi untuk menambahkan pilihan pencarian lain pada kotak pencarian di Firefox. Misalnya anda bisa menabahkan fitur untuk pencarian nama Twitter.


Dictionaries & Language Packs : Add-On ini berfungsi untuk menambahkan dukungan bahasa lain pada Firefox. Jadi, sahabat pintar bisa mengubah bahasa Firefox kedalam bahasa yang diinginkan dan ada banyak sekali bahasa yang disediakan.


Plugins : Add-On ini membantu Firefox untuk menampilkan format media yang tidak dikenal Firefox seperti Adobe Flash, atau Apple Quicktime. Sebagai contoh, bila sahabat pintar ingin menonton video di Youtube, terlebih dulu harus menginstal plugin Adobe Flash untuk Firefox.


Cara Menginstall Add-On

Pada dasarnya  cara menginstall Add-On diatas sama saja. Baik tipe extentions , themes, atau tipe add-ons lainnya. Sahabat pintar tinggal mengunjungi halaman gallery dari Add-On tersebut, kemudian mengklik tombol “install” .
Untuk memperjelas, kita akan mencobanya langsung. Ikuti langkah berikut:
  1. Masuk ke halaman Extentions resmi di Firefox, kemudian cari Add-On yang ingin di install. Ada banyak sekali Extentions yang tersedia dan bisa dipilih berdasarkan kategori.
  2. Misalnya kita ingin menginstall  Extention “Flashblock”, untuk mulai menginstall, klik tombol “+Add to Firefox” berwarna hijau yang terdapat disebelah nama Add-On

  3. Selanjutnya klik tombol Allow, bila muncul konfirmasi penginstalan. Kemudian akan muncul dialog konfirmasi lagi, klik “install”
    proses install add-ons
  4. Selanjutnya restart Firefox untuk mengaktifkan extentions tadi. Jika berhasil, maka Add-On extention tersebut sudah bisa digunakan.

Cara Mengelola Dan Menghapus Add-On

Apabila sahabat pintar ingin menghapus Add-On atau sekedar mengelola Add-On yang telah terinstall. Semuanya bisa dilakukan dengan mengakses Add-On manager di Firefox. Caranya klik menu dropdown di pojok kiri atas , lalu klik “Add-ons”. Berikut adalah tampilan Add-On manager:


Klik remove untuk menghapus add-ons dan disable untuk menonaktifkannya.

Demikian artikel saya yang berjudul "Add-on Dan Cara Menginstallnya" semoga dapat bermanfaat untuk sobat sekalian.