Monday 22 July 2013

Microsoft Derita Kerugian $900 Juta Akibat Kegagalan Surface RT

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Microsoft telah mengumumkan laporan penjualan dan finansial mereka pada kuartal ke-3 tahun ini juga untuk menyambut kuartal terakhir pada tahun 2013. Dari laporan tersebut terlihat kondisi keuangan Microsoft saat ini masih belum begitu stabil mengingat minat masyarakat yang kini lebih ke perangkat mobile, sementara microsoft hanya sedikit terjun ke bidang tersebut.
penjualan surface rt Microsoft Derita Kerugian $900 Juta Akibat Kegagalan Surface RT
Microsoft memang mendapatkan angka total laba sebesar $4,97 Miliar setiap empat bulan nya, namun laba tersebut seakan tercoreng dengan kerugian yang diakibatkan oleh salah satu produk mereka yakni Microsoft surface RT yang justru membuat mereka harus rela merugi $900 Juta. Kerugian tersebut dihitung berdasarkan pada jumlah persediaan yang tidak atau belum terjual pada kuartal kemarin.

Dari laporan tersebut Microsoft juga dilaporkan telah mengalami peningkatan pendapatan sebesar $19,90 miliar atau peningkatan sebesar 10% dibandingkan dengan Q4 2012 yang lalu. Tapi, laba bersih Microsoft secara efektif telah dihapuskan karena $6,2 miliar telah digunakan untuk menutup akuisisi yang pernah mereka lakukan sejak 2007. Sementara itu, divisi bagian Windows Microsoft berhasil membukukan pendapatan sebesar $ 4,4 miliar, meningkat 6% dari tahun lalu.
Meskipun mengalami kegagalan pada Microsoft surface RT mereka, namun Microsoft masih memiliki angin segar tekait peningkatan penjualan lisensi dan perangkat Windows Phone mereka yang saat ini semakin diminati pasaran. Hal ini perlu untuk terus diperhatikan mengingat saat ini adalah masa transisi dari perangkat berjenis PC ke mobile. Windows Phone  melalui divisi mereka yakni Entertainment dan Devices Division (EDD) dilaporkan telah mendapatkan laba sebesar $ 134 Juta, meningkat sebesar 8% dari kuartal sebelumnya, belum lagi pendapatan merka dari lisensi paten dan penjualan lisensi Windows Phone juga meningkat sebesar $222 juta. [Source]