Saturday 22 June 2013

Pengertian URL Encoding

Pengertian URL Encoding
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat TKJ, Postingan kali ini saya akan coba untuk menjelaskan tentang apa itu URL Encoding, mungkin banyak yang belum tahu atau belum pernah sama sekali mendengar kata “URL encoding”, tapi percayalah jika anda seorang gretongerz anda mungkin pernah menggunakan URL encoding yang akan saya jelaskan ini.
 
URL Encoding adalah proses konversi URL (Uniform Resource Locator) saat kita melakukan proses request suatu halaman situs ke web server. Kenapa URL harus di konversi dahulu sebelum browser melakukan request ke web server ? karena sering kali kita menjumpai URL yang tidak termasuk atau di luar standar ASCII dan juga URL tidak boleh mengandung “spasi”, nah loh..? ASCII apa lagi ini ?

ASCII adalah karakter yang digunakan saat kita mengirim atau menerima informasi ataupun data antar komputer. ASCII merupakan standar yang sudah ditetapkan untuk karakter yang digunakan untuk saling bertukar informasi sejak awal tahun 60′an dan masih digunakan sampai sekarang.
Nah, untuk itu saat kita akan mengakses suatu situs ataupun blog, secara otomatis browser kita akan melakukan yang kita sebut “URL encoding” untuk menghindari spasi dan juga terdapatnya karekter yang tidak termasuk dalam ASCII dalam suatu URL.

Saya akan memberikan satu contoh, berikut ini contoh URL sebelum di encode oleh browser, URL yang biasa kita gunakan sehari – hari untuk mengakses suatu halaman.
http://www.facebook.com/fhirman.blog
Saat browser akan melakukan request, browser akan men-konversi terlebih dulu URL tersebut menjadi.
http%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Ffhirman.blog
Saya yakin untuk gretongerz sejati, URL diatas sudah tidak asing lagi, konversi karakter ini selalu diawali dengan karekter % dan diikuti dua digit hexadesimal.
Contoh untuk karekter “/” dikonversi menjadi “%2F” begitu juga dengan karakter lainnya, tentunya dengan dua digit hexadesimal yang berbeda
Untuk karakter – karekter lainnya bisa di lihat disini, disitu anda juga bisa mencoba generate URL biasa menjadi URL encoding secara instant, dengan hanya copy paste URL yang akan anda coba lalu klik submit.

Demikian postingan saya yang berjudul Pengertian URL Encoding, Semoga dapat bermanfaat untu Anda. Mohon ditambahkan jika masih ada yang kurang atau jika ada kesalahan jangan sungkan untuk komentar di form komentar di bawah.