Thursday 25 April 2013

Cara Mengatasi Blue Screen

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat TKJ, mungkin sobat sekalian sudah membaca artikel saya Kode Blue Screen dan Penyebab Terjadi Blue Screen, Jika iya, pasti tidak enak rasanya jika kita hanya mengetahui penyebab dan kodenya saja. Jadi untuk kali ini saya akan berbagi trik kepada sobat untuk Mengatasi Blue Screen.Mengatasi Blue Screen (Blue Screen Of Death) bukan pekerjaan mudah, bahkan bisa membuat anda stress. Ini akan makin sulit jika terjadi secara random. Error ini adalah kesalahan umum yang akan terjadi setiap kali sistem aplikasi, perangkat keras atau driver perangkat mengalami masalah di belakang layar.


Apa yang membuat Blue Screen ini jadi rumit adalah dapat menjadi indikator dari kesalahan kecil ataupun kesalahan besar yang menyebabkan sistem Anda tidak berfungsi dan yang muncul adalah layar biru dengan pesan yang susah dimengerti. Dalam kasus sederhana mengatasi masalah ini bisa dengan reboot sistem tetapi tidak selalu berhasil. Beberapa orang cukup beruntung dengan cara me-restart PC mereka dan tidak pernah mengalami masalah ini lagi.



Tidak ada solusi standar untuk Mengatasi Blue Screen ini, terutama karena ada begitu banyak masalah yang dapat mengakibatkan kesalahan seperti Blue Screen ini. Blue Screen bisa saja dari sebuah program baru yang baru saja diinstal ataukah memory stick yang Anda tambahkan ke komputer. Untuk menghilangkan gangguan ini, Anda harus terlebih dahulu diagnosis masalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dengan melakukan sedikit pekerjaan, Anda dapat mempersempit segalanya dan benar-benar menemukan penyebabnya.


  1. Periksa Komponen Software dan Hardware
    Langkah termudah untuk menghilangkan Blue Screen of Death adalah menguninstall perangkat lunak atau perangkat keras yang baru saja diinstal pada sistem jika ada. Jika Anda mengalami masalah setelah menambahkan komponen baru, hal ini kemungkinan besar sebagai sumber masalah Anda. Ini bisa disebabkan oleh instalasi gagal atau masalah ketidakcocokan berhubungan dengan perangkat lunak atau driver perangkat.
     
  2. Periksa Status Memori Anda
    Kesalahan Blue Screen of Death juga bisa muncul jika Anda baru saja menambahkan lebih banyak RAM ke komputer. Anda dapat mengetahui jika RAM anda rusak dengan menjalankan utilitas diagnostik. Jika Anda tidak memiliki alat tersebut, usahakan mengeluarkan memori RAM yang baru saja Anda install, setelah itu tes lagi komputer, lihat apakah masalah masih muncul.
     
  3. Perbaiki Registry
    Windows Registry adalah salah satu penyebab paling umum BSOD. Seiring waktu, registri akan penuh dengan file yang tidak valid dan item lainnya yang tidak diinginkan yang dapat membuat sistem anda tidak stabil. Sebuah BSOD adalah tanda akhir dari ketidakstabilan. Anda dapat menjalankan registry cleaner untuk mengetahui apakah registri ini mengalami masalah pada PC Anda. Program-program ini cukup murah dan bahkan gratis dengan memiliki kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan menghapus item yang dipertanyakan bersembunyi pada PC Anda.
Demikian Tips yang bisa TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN bagikan kepada sobat semua.
Semoga Bermanfaat !!