Thursday 31 March 2016

Perbandingan WiMax Dan LTE

Perbandingan WiMax Dan LTE
Perbandingan WiMax Dan LTE
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat tkj, Dalam artikel saya kali ini akan membahas tentang perbandingan WiMax dan LTE. Mungkin anda sudah sering mendengar kata 4G, yah benar 4G sendiri adalah generasi keempat jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile.
Jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan yang lebih cepat dari generasi sebelumnya, nah dalam jaringan 4G tersebut terdapat sebuah standar baru yakni Wimax dan LTE. Baiklah kali ini kita bahas perbandingan dari Wimax dan LTE.

Perbandingan WiMax Dan LTE

WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah pengembangan dari teknologi Wifi yang sudah sering kita gunakan. WiMax menggunakan standart IEEE 802.16 -2004 untuk fixed wireless broadband dan IEEE 802.16e untuk portable/mobile wireless broadband. WiMAX Forum menetapkan 2 band frekuensi utama pada certication profile untuk Fixed WiMAX (band 3.5 GHz dan 5.8 GHz), sementara untuk Mobile WiMax ditetapkan 4 band frekuensi pada system profile release-1, yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GHz. Untuk kecepatan WiMax telah mendukung sampai 70 Mbits/s tidak berbeda jauh dengan wifi biasa yang mencapai 54 Mbits/s tetapi yang membedakannya dari segi jangkauan, WiMax ini mampu menjangkau hingga radius 50 Km.

Perusahaan yang mengusung WiMax sebagai teknologi pilihan dalam penyuguhan 4G yaitu ClearWire, Google, Sprint dan Intel. Meskipun secara teori WiMax kalah dalam hal kecepatan dibandingkan dengan LTE.
Untuk antena, LTE menggunakan konsep MIMO (Multiple Input Multiple Output) yang memungkinkan antena untuk melewatkan data berukuran besar setelah sebelumnya dipecah dan dikirimkan secara terpisah.

Secara kecepatan LTE lebih unggul dibandingkan dengan WiMax yang sekarang (IEEE 802.16e) LTE mampu menghadirkan kecepatan hingga 100Mbps untuk downlink dan 50Mbps pada uplink. Akan tetapi hal ini akan berubah setelah adanya generasi WiMax selanjutnya (IEEE 802.16m).

Untuk lebih jelas, Berikut ini Perbandingan WiMax Dan LTE


LTE
WiMax
Pengembang
3GPP
WiMax Forum
Bit Rates
100Mbps
75Mbps
Radio Tech
OFDMA/MIMO/SC-FDMA
MIMO/SOFDMA