Saturday 5 October 2013

Tampilan iOS7 Membuat Pengguna Pusing

Tampilan iOS7 Membuat Pengguna Pusing
Tampilan iOS7 Membuat Pengguna Pusing
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Sistem operasi keluaran Apple terbaru, iOS7, baru saja diluncurkan minggu lalu. Setelah peluncuranya, berbagai komentar timbul mengenai penggunaan sistem operasi ini. Salah satu fitur terbaru dari iOS7 ini adalah transisi berbentuk animasi pada layar dari tampilan utama ke aplikasi lainnya.

Terlihat memang inovasi baru bagi Apple, tapi hal ini menuai komentar negatif dari penggunanya. Transisi tersebut ternyata membuat pengguna merasa pusing hingga mual saat melihat layar.

"Saya sedang mencoba iOS7 di ponsel pacar saya dan saya merasa mual," kata Michelle Barna kepada ABC News, Kamis, 26 September 2013. "Saya sebenarnya penggemar Apple, tapi hal ini membuat saya ragu untuk meng-update iOS7 untuk ponsel saya."

Ternyata, Barna bukan satu-satunya pengguna yang merasakan hal tersebut. Seorang pengguna lain menuliskan keluhannya ke situs Apple forum yang menarik komentar banyak pengguna lain.

"Ini (transisi iOS7) menyakitkan mata saya dan membuat saya pusing. Sangat menggangu sekali, kita tak bisa men-downgrade-nya," tulis salah satu pengguna. Tulisan itu dibalas lagi oleh pengguna yang lain, "Saya seperti terserang vertigo ketika menggunakan iPad dengan iOS7.  Saya amat tidak senang. Ini adalah transisi aplikasi yang tidak nyaman."

Charles Oman, mantan Direktur Sensormotor dari Tim Penelitian Adaptasi untuk NASA mengatakan, animasi iOS7 mungkin saja jadi penyebab pada rasa sakit secara fisik. Tapi ia mengatakan hal itu bukan sepenuhnya salah animasi pada layar.

"Mual dapat dipicu oleh bau yang spesifik atau penglihatan," kata Oman. "Butuh beberapa menit untuk menstimulasi penglihatan yang membuat rasa mual. Hal ini mungkin saja jika Anda melihat layar studio IMAX yang besar. Tapi saya kurang percaya jika bisa terjadi juga pada layar yang lebih kecil."

Sistem operasi baru iOS7 memang menggunakan sistem paralaks yang memungkinkan pengguna beralih dari tampilan layar dengan cepat. Tujuannya ingin membuat tampilan lebih dinamis, Apple malah membuat pengguna iOS7 merasa pusing.