Friday 5 April 2013

Tokoh-Tokoh Perkembangan Internet

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat TKJ, Udah lama banget ya saya gak post artikel, Maklum saya masih pelajar jadi banyak tugas juga nih di dunia nyata. Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai Tokoh-tokoh perkembangan internet. Penasaran dengan orang berikut mari kita lihat bersama.

Berikut Tokoh-Tokoh Perkembangan Internet :

1. Roy Tomlinson
Pada tahun 1972, berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Roy Tomlinson


2. Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin 
Pada tahun 1979, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.

 Steven Bellovin

3. Jarkko Oikarinen dari Finland 
Pada tahun 1988, menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. 

 Jarkko Oikarinen

4. Tim Berners Lee
Pada 1990, menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

 Berners-Lee