Cara Memperbaiki VGA yang Rusak

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Sebenarnya Memperbaiki VGA yang Rusak itu gampang asal kita mengetahui terlebih dahulu pengertian VGA atau Video Graphics Adapter merupakan yang salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. Dari beberapa informasi yang saya temui bahwa kerusakan pada vga card terjadi disebabkan oleh faktor suhu panas yang berlebihan. Jadi sangat disarankan untuk tetap menjaga performa pendingin pada laptop atau Pc komputer agar umur pakai dari perangkat tersebut lebih panjang dan stabil. Lalu bagimana Cara Memperbaiki VGA yang Rusak dengan mudah? Well, Langsung saja kita ke TKP.




Cara Memperbaiki VGA yang Rusak Prinsip Kerja VGA:
Vga akan dipanaskan dalam suhu tertentu, dengan asumsi kerusakan Vga disebabkan oleh bola-bola timah pada kaki Ic yang sudah tidak bekerja dengan baik. Dengan pemanasan diharapkan akan kembali memaksimalkan fungsi dari timah- timah tersebut.

Hal ini seharusnya akan lebih maksimal jika menggunakan Oven listrik, namun bagi yang tidak memilikinya dapat menggunakan tehnik berikut.


Bahan yang diperlukan Untuk Memperbaiki VGA:
  1. Vga laptop yang bermasalah/rusak.
  2. Cairan Siongka/Flug. Berupa cairan yang berbahan damar biasa digunakan pada tehnisi handphone untuk melumasi Ic yang dipanaskan. Bisa dibeli ditoko-toko repair ponsel. 
  3. Rantang atau mangkok besi/panci sebagai tempat memanaskan VGA.
  4.  Kompor Gas.
  5.  Alumunium Foil dari kertas rokok.
 
Langkah Cara Memperbaiki VGA yang Rusak :
  1. Siapkan bola-bola dari alumunium foil, hal ini dimaksudkan untuk memberi jarak antara lantai panci dengan Vga. Beri alas bola-bola tersebut pada keempat sudut Vga yang akan dipanaskan. 
  2. Lumasi seluruh bagian Vga terutama dibawah IC dengan cairan Siongka/Flug. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pencairan timah serta melindungi komponen Vga dari panas berlebih.
  3. Masukkan Vga yang telah diberi cairan siongka/flug serta telah dialasi dengan bola-bola alumunium foil kedalam panci.
  4. Lakukan pemanasan dengan kompor gas, pada proses ini sangat memerlukan kehatihatian. Jika gagal Vga akan terbakar. Lakukan pemanasan dengan durasi 3 menit awal. kemudian coba pasang pada perangkat dan lihat hasilnya.
 
NB : Jika belum memberikan hasil coba kembali dengan menambah durasi pemanasan lebih lama, mulai dari 3 menit, 4 menit, 5 menit. Sekian Tips yang bisa saya sampaikan.


GOOD LUCK !!
11 Komentar untuk "Cara Memperbaiki VGA yang Rusak"

tapi kalo papannya uadah bengkok bisa di betulin lagi ga gan,,,,yakin dengan cara itu bia tuhgan,,,thank's ya gan infonya

Insya aLLah bisa gan,
yang penting Papannya gak patah Heheh.. :)

Thanks

klo punya gw g kluar gambarnya gan...
bisa g ya d bnerin..?
hehe

itu kira2 di suhu berapa gan???

mmaf gan saya sudah mengikuti langkah-langkah diatas tapi malah monitor saya gak ada gambarnya,gimana yah ??

Gan, Kira2 Kalo Gambar Di Monitor Ada Garis2 Ijo / Kuning2 Titik Di Monitor Itu VGA nya Yang Rusak Apa Bkn ?? Kalo bkn apa nya yg rusak gan ??

bisa jadi itu dari layar monitornya
Mas bisa coba pake software PixelRepairer
Silahkan download >> http://adf.ly/N46kV

Semoga berhasil mas ...

mantab infonya gan...
bsa neh buat ane yg masih awam di dunia kmputer...

thanks...

tankz... Info bguzt... Pas banget ama yg saya cari..

Mw sharing sedikit gan dari pengalaman ane.., bagi agan2 yg ngk mw repot2.., mending pergi ke tempat service hp ja gan.., mintak tolong ke teknisinya bwt rehot / rebal ic vga nya..., tpi tanya dulu gan brapa biayanya..., plingan ya sekedar bwt beli rokok.., biasanya sh bisa normal lgi vga nya gan.., ini berlaku bagi vga yg artifak ja ya gan.., klo vga nya mati atw ngk tampil biasnya ada komponen yg rusak seperti transitor / dioda zener dll..

Sebagai Blogger yang Baik. Wajib di baca dan di taati
Aturan Berkomentar :

1. Berkomentar menggunakan bahasa yang enak didengar. Tidak Untuk
menyinggung perasaan orang Lain.
2. Berkomentar sesuai topik
3. Berkomentar menggunakan Keyword di anggap SPAM
5. Berkomentar Sesuai Kewajaran (NO SPAM,NO SARA, NO PORN*)
6. Hindari Penggunaan Link Aktif (Akan dihapus Otomatis)
7. Jika Ingin Copy/Paste Artikel Di Sini, Sertakan Link Sumber

Terima kasih !!

Back To Top