Tuesday 12 February 2013

Asal Mula Topeng Anonymous

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Assalamualaikum sobat TKJ !!! OK, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas Alasan kenapa kelompok Hacktvisme ‘’Anonymous’’ mengenakan topeng ‘’Guy Fawkes’’.! Sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali antara Guys Fawkes dan Anonymous. Sebelumnya kita membahas lebih jauh latar belakang Anonymous, kita akan membahas terlebih dahulu latar belakang Guys Fawkes.
Asal mula Topeng Anonymous
Guy Fawkes
Adalah karakter yang facenya dijadikan topeng identik kelompok hacker cyber cream terbesar di dunia ‘’Anonymous’’. Guy Fawkes adalah pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut karena ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes dan teman-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pengeboman sekaligus penangkapan Guy Fawkes dan anggotanya terjadi pada 5 November 1605. Namun anehnya, penangkapan hanya di tunjukan pada Guy Fawkes, 30 anggoatanya berhasil meloloskn diri, saya belum bisa memastikan kenapa hanya Guy Fawkes yang tertangkap. Peristiwa pengeboman besar itu di kenal dengan sebutan ‘’Peristiwa Bubuk Mesiu’’ atau ‘’ Gun Powder Plot’’. Untuk mengenang peristiwa tersebut masyarakat inggris menggelar perayaan kembang apa setiap tanggal 5 November. Saya rasa sampai disini sobat sudah mengenal siapa itu Guy Fawkes. Lantas apa hubungannya dengan Anonymous ???
Anonymous
Bagi sobat yang sering berkutat di dunia maya, atau yang sering blogger dan coba-coba menghack sesuatu, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘’Anonymous’’. Di Indonesia sendiri istilah Anonymous mulai tenar pada tahun 2010, dimana pada saat itu Sekelompok hactvisme yang mengaku dirinya Anonymous berhasil melakukan penyerangan terhadap Playstation Network, belum jelas aksi apa yang dilakukannya. Banyak orang yang menyebutkan bahwa Anonymous adalah Hacktvisme yang beranggotakan Hacker-hacker dan Craker-craker yang sangat ahli dalam urusan Hack. Anggapan itu ternyata salah besar !!! Kenapa ??? Setelah saya telusuri di mbah google, ternyata Anonymous hanyalah sekumpulan orang yang suka nimbrung di  4CHAN. 4CHAN adalah salah satu situs tempat forum diskusi, tanya jawab, berbagi, dll deh,,kalo di Indonesia mungkin lebih sering di kenal dengan KASKUS...hehehe. Nah di 4CHAN itu para anggota tidak harus mendaftarkan diri untuk menulis atau mengomentari suatu Post, jadi di bebaskan kepada setiap orang tanpa terkecuali untuk saling berbgai di 4CHAN. Nah para anggota yang tidak mendaftar tersebut teridentitas sebagai ‘’Anonymous’’ atau kalo di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Tanpa Nama atau Tanpa Identitas.
http://remajasampit.blogspot.com/
Di Kaskuskan ada tuh pembagian forum-forum sesuai dengan pokok pembahasan, ada forum Blog, Anime, Gamer, dll. Begitu juga 4chan, di 4Chan terdapat beberapa forum & salah satu forum yang paling banyak peminatnya adalah forum ‘’RANDOM’’. Forum Random memungkinkan para anggotanya untuk menulis artikel sebabas mungkin, mau masalah Politik, Hukum, Sosial, Pemerintahan, Program, Pornografi, Pokoknya bebas deh mau apa,, mau Nungging juga boleh,,hehehe. Nah akibat dari kebebasan yang tak terbatas, maka 4Chan juga dijadikan forum untuk membahas tentang Batasan-batasan yang dilakukan pemerintah terhadap Teknologi dan Internet, mereka membahas tentang gerakan perlawanan terhadap kebijakan yang membatasi Dunia Maya. Para Anonymous berpendirian bahwa ‘’Tidak ada batasan dalam berinternet, dan Internet merupakan suatu yang Harus Gratis !!’’.
http://remajasampit.blogspot.com/
Nah dari situlah para Anonymous mulai menyerang situs-situs yang di anggap terlalu Mengekang dan melawan keinginan mereka. Anonymous tidak asal hack !!! mereka memikirkan dan membahas secara matang-matang target yang akan dijadikan sasaran Hack. Memang tak dapat di pungkiri bahwa dari banyak Anggota Anonymous ada sebagian yang Jago soal Hack dan Crak. Nah sekarang sobat sudah tau kan siapa Anonymous. Anonymous tidak jauh beda dengan Kaskuser. Sekarang kita akan membahas tentang kaitan Topeng Guy Fawkes dengan Anonymouse.
Asal mula Topeng Anonymous 
Sudah saya jelaskan di atas bahwa Tidak ada sama sekali Hubungan antara Guy Fawkes dengan Anonymous. Guy Fawkes bukan anggota dari Anonymous !!! Menurut  hasil pencarian mbah Google, alasan yang paling mendukung mengapa Anonymous menggunakan topeng Guy Fawkes adalah, Terinspirasi dari film yang berjudul ‘’V for Vendetta’’. Film ‘’V for Vendetta’’ menceritakan tentang seorang yang yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Inggirs yang telah membuat masyarakat tidak berdaya. Dalam film ini, tokoh V mengenakan Topeng yang di ambil dari facenya Guy Fawkes, mungkin karena Guy Fawkes yang juga merupakan tokoh yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah inggirs, sehingga tokoh V disamakan dengan Guy Fawkes. Nah.. karena Missi dan tujuan Tokoh V dan Guy Fawkes yang sama dengan tujuan Anonymous, yaitu sama-sama menentang sistem pemerintahan yang mengekang kebebasan, maka Anonymous menggunakan Topeng Guy Fawkes sebagai ciri khas mereka. Itulah alasan mengapa Anonymous memakai topeng Guy Fawkes ..
http://remajasampit.blogspot.com/
Cukup sekian informasi yang sederhana dari saya, semoga dapat bermanfaat buat sobat semua. Apabila ada kesalahan penafsiran saya mohon maaf dan tolong di kritik, karena artikel ini saya buat dari berbagai informasi yang saya dapat di Internet. Terima kasih atas kunjungan sobat..


sumber