Monday 29 July 2013

2014, Jumlah Tablet Akan Dua Kali Lipat Dari PC

2014, Jumlah Tablet Akan Dua Kali Lipat dari Jumlah PC 
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Saat memperkenalkan tablet iPad untuk pertama kalinya, pendiri Apple Steve Jobs mengatakan kalau era Personal Computer sudah habis dan akan diganti dengan tablet. Ketika itu, Steve Jobs menyebut era itu dengan sebutan post-PC era.

Prediksi Steve Jobs itu tampaknya akan mendekati kenyataan. Angka pengapalan tablet saat ini semakin meningkat. Dilansir dari laman Techradar, Selasa (30/7/2013), perusahaan riset Strategy Analytics menyebut pengapalan tablet di kuartal dua tahun ini meningkat menjadi 51,7 juta unit. Angka ini naik 43 persen dibandingkan tahun lalu.
Faktor utama dari perkembangan tablet adalah Google dan mitra-mitranya. Tablet berbasis Android besutan Google memang tercatat menguasai 67 persen dari keseluruhan pengapalan tablet di kuartal ini.

"Android sekarang makin memperlihatkan kemajuan yang stabil dengan mitra hardware seperti Samsung, Amazon, Google, dan tablet White-Box (istilah untuk tablet besutan vendor lokal atau non-branded)," kata Peter King, Direktur Tablet di Strategy Analytics.
Di kuartal ini angka pengapalan iPad justru semakin turun. Apple hanya bisa mengapalkan 14,6 juta iPad, turun 14 persen dibandingkan tahun lalu.
"Di kuartal sama tahun lalu iPad pertama dengan Retina Display diluncurkan. Ini menjelaskan penurunan karena tak ada model baru di kuartal ini," kata King.

Lewati PC
Popularitas tablet pun diprediksi akan melampaui PC. "Pasar PC semakin menjauh dari notebook dan akan disusul tablet," kata analis senior dari perusahaan riset NPD, Richard Shim.
NPD pun memprediksi angka pengapalan tablet akan melewati PC mulai 2014. Bahkan tablet akan melewati PC dengan angka dua kali lipat.
"Pengapalan tablet diharapkan mencapai 364 juta di seluruh dunia pada 2014. Ini lebih dari dua kali lipat dari pengapalan PC standar dan ultraslim PC yang mencapai 177 juta unit," lanjut Shim.
Di tahun 2017, angka ini akan terus bertambah. Pengapalan tablet diprediksi mencapai 589 juta unit. Sedangkan notebook dan ultraslim PC hanya sekitar 176 juta unit.