Monday 7 January 2013

Tips Berada Di Depan Komputer

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Kali ini saya share Tips Berada di depan Komputer, Berbicara tentang komputer maka tidak akan ada habisnya, mulai dari hal-hal positif, negatif, maupun cara-cara yang di lakukan di dalam sebuah komputer atau laptop. Anda tentunya sangat sering bermain komputer bukan ?? Apakah anda sudah mengenal apa-apa saja yang harus di lakukan saat berada di depan layar komputer?? Ya, inilah yang terkadang tidak kita Perdulikan dan selalu kita abaikan, mengapa demikian ?? Apakah anda terlalu menikmati ??

Atau anda memang belum mengetahui apa-apa saja yang harus anda lakukan saat bermain komputer ??
ini tergantung dengan jawaban anda masing-masing. Memang banyak sisi positif dari penggunaan komputer, tetapi siapa sangka di balik semua itu, terdapat sisi negatif bagi kesehatan anda. Kali ini saya ingin menjelaskan cara sehat agar terhindar dari sisi negatif penggunaan komputer atau laptop dalam kesehatan kita.

pertama,Posisi duduk, Posisi duduk sangat menjadi aspek penting dalam penggunaan komputer, hampir 99% seluruh orang yang menggunakan komputer dalam posisi duduk, siapa sangka posisi yang salah dapat mengganggu kesehatan kita. perhatikan posisi duduk anda, apakah sudah benar atau masih salah ??
posisi duduk yang bagus dan ideal ialah, punggung tegak lurus keatas, tetapi tidak kaku dan tetap rileks, kepala menghadap ke de[an layar dengan jarak pandang 50cm sampai 60cm dari layar.

Kedua , Lakukan Pemanasan ringan, Duduk yang cukup lama sangat berpotensi buruk terhadap hati dan ginjal kita, lakukan pemanasan dengan berdiri dan melakukan pergerakan tangan secara rutin, setidaknya setiap 2 jam sekali saat anda bermain komputer. lihatlah kelangit yang biru agar mata menjadi sehat, mata yang terlalu banyak melihat layar, maka mata akan cepat rusak, dengan cara ini dapat membantu mata melemaskan otot-otot dan syaraf-syaraf yang tegang.

Ketiga,  Kurangi resolusi kecerahan layar, seringkah anda menggunakan sesolusi layar yang sangat cerah ?? sebaiknya hindarai hal tersebut. mata tidak baik jika terlalu lama atau terlalu banyak mendapatkan cahaya yang sangat terang, apalagi layar komputer mempunyai kombinasi warna yang beraneka ragam, tentunya ini sangat bermasalah buat mata anda. jagalah kesehatan anda , kesehatan melebihi segalanya.

Keempat, Hindari pemakaian komputer pada saat ruangan gelap, sangat tidak di sarankan untuk hal ini, kesehatan mata dan otak dapat menurunkan kecerdasan dan kejelasan penglihatan. jika telah selesai bermain komputer pada ruangan gelap, maka mata menjadi buram dan kabur untuk melihat yang cerah. sangat berbahaya bukan?? sebaiknya minkan komputer pada pagi, dan siang hari, karna sinar matahari sangat bagus dari pada cahaya lampu pada saat malam hari.

Demikianlah hal-hal yang harus di perhatikan dalam bermain komputer , jagalah kesehatan anda, gunakanlah komputer jika ada perlunya saja, jangan menggunakan komputer , sementara hanya untuk kesenangan belaka. hal ini sangat merugikan kita. selain kesehatan yang terganggu, banyak lagi sisi negatifnya. semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya.